Apa Kelebihan Rotan Dibandingkan Kayu Sebagai Bahan Furniture? - DM Mebel Jogja

Apa Kelebihan Rotan Dibandingkan Kayu Sebagai Bahan Furniture?

1 bulan yang lalu

Furniture rotan saat ini lebih banyak digemari karena memiliki nilai estetik tersendiri dibandingkan furniture kayu. Material rotan termasuk material yang ramah lingkungan dan banyak diaplikasikan pada desain interior hunian bergaya tradisional maupun klasik. Meskipun sebenarnya, furniture berbahan rotan sendiri cocok diterapkan dalam desain interior apapun, mengingat material ini cenderung netral.

Ini Kelebihan Rotan Dibandingkan Kayu Untuk Bahan Furniture

Ada sejumlah kelebihan lainnya yang dimiliki furniture berbahan rotan jika dibandingkan furniture kayu, berikut ini :

  1. Sangat Ringan

Berbeda dengan bahan kayu yang cukup berat saat dipindahkan, furniture berbahan rotan justru sebaliknya. Bahan rotan pada furniture menjadikannya lebih ringan. Contoh furniture berbahan rotan yang fleksibel dan bisa dipindahkan dengan mudah selain kursi, adalah tempat tidur bayi. Box tempat tidur bayi ini membuat furniture yang satu ini lebih mudah dipindahkan kemanapun.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa si kecil ke teras rumah sembari berjemur saat tidur di pagi hari. Lain halnya jika box tersebut berbahan kayu, yang tentunya memerlukan tenaga ekstra untuk memindahkannya.

  1. Kuat

Meskipun bobotnya ringan, tapi ternyata furniture berbahan rotan dapat menahan beban cukup berat sekalipun. Inilah alasan kenapa bahan rotan sering dijadikan sebagai bahan pembuatan tempat tidur atau kursi, baik bernuansa modern hingga klasik.

  1. Lebih Terjangkau

Saat seseorang tertarik membeli furniture, maka hal yang dipertimbangkan pertama kali adalah harganya. Mengingat anggaran yang dimiliki biasanya dialokasikan untuk keperluan lainnya. Oleh sebab itu, wajar rasanya jika kita selalu mempertimbangkan harga furniture tersebut.

Furniture berbahan rotan adalah pilihan yang paling ideal untuk lebih menghemat budget. Sebab tidak hanya lebih awet, tetapi furniture berbahan rotan cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan material kayu.

  1. Tahan Lama

Dengan perawatan yang baik, material berbahan rotan bisa lebih awet sampai puluhan tahun lamanya. Anda bahkan bahkan bisa mewariskan furniture ini ke generasi yang selanjutnya. Tentu saja, dengan mewariskan furniture ini bisa memberikan cerita tersendiri sekaligus kenang-kenangan untuk anak dan cucu.

  1. Tidak Perlu Perawatan Khusus

Jika anda memiliki furniture berbahan kayu, mungkin harus rutin melakukan perawatan dengan membersihkannya memakai cairan pledge, setidaknya 1 bulan sekali. Tapi, furniture rotan justru hanya perlu dirawat dan dibersihkan memakai kuas saja. Bahkan pembersihan dilakukan jika furniture rotan sudah terlihat berdebu dan kotor.

Kamu juga tidak memerlukan proses finishing ulang. Hanya perlu meletakkan furniture yang berbahan rotan di area yang tidak terpapar matahari saja dan tetap mejaganya supaya tetap awet.

  1. Memiliki Kesan Lebih Natural

Rotan memiliki warna asli yang memang memberikan ciri khas tersendiri. Bahkan tanpa dilakukan pengecatan atau pewarnaan sekalipun, kursi berbahan rotan ini sudah mampu memikat banyak orang untuk memilikinya. Terlebih bagi mereka yang gemar nuansa-nuansa natural. Anyaman rotan juga terkesan artistik, sehingga menjadikannya mempunyai nilai estetik cukup tinggi bagi pemiliknya.

  1. Eco Friendly

Kelebihan utama material rotan adalah ramah lingkungan. Alasannya sebab pohon rotan memiliki kemampuan tumbuh lebih mudah dan cepat dibandingkan pohon lainnya. Bahkan rotan bisa diproduksi tanpa memakai cat sekalipun.

Apakah anda penggemar furniture berbahan rotan?Jika ya, kami rekomendasikan produk kursi rotan Akiara dari DM Mebel Jogja. Anda bisa memilih kursi rotan yang ringan dan kuat dengan memilih produk terbaik koleksi dari DM Mebel Jogja. Cek furniture lainnya hanya di DM Mebel Jogja sekarang juga!