Jenis Lemari Kantor Berdasarkan Fungsi dan Gaya - DM Mebel Jogja

Jenis Lemari Kantor Berdasarkan Fungsi dan Gaya

4 minggu yang lalu

Salah satu jenis furniture yang sangat penting untuk ditempatkan di ruang manapun adalah lemari. Untuk itu, hampir semua ruangan di dalam rumah, gedung, bahkan kantor memiliki lemari khusus untuk tempat menyimpan barang dan dokumen penting. Namun, ternyata lemari memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. 

Fungsi lemari bisa secara general memang sebagai tempat penyimpanan, namun ada beberapa fungsi lain seperti tempat menyimpan barang, etalase, pelabelan dokumen dan bentuknya yang difungsikan sebagai penambah nilai estetika ruangan. 

Termasuk untuk kebutuhan kantor, lemari menjadi furniture penting untuk menyimpan buku, arsip, dokumen penting, barang elektronik, laptop, dan tempat penyimpanan lainnya. Berdasarkan bahan dasarnya, anda juga bisa memilih lemari kantor besi maupun lemari kantor kayu. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli lemari kantor.

Nah, jika anda sedang mencari lemari kantor yang sesuai dengan kebutuhan, perhatikan beberapa jenis lemari kantor berdasarkan fungsi dan desainnya.

 

Lemari Arsip 

Setiap kantor pasti memiliki arsip atau dokumen yang jumlahnya bertambah setiap tahunnya. Namun akan menjadi masalah jika semua arsip tersebut harus berbentuk hard file dan tidak memungkin disimpan dalam bentuk soft file saja. Untuk itu, lemari arsip sangat berguna untuk menyimpan dan meletakkan seluruh arsip penting milik kantor dalam satu lemari, sehingga mudah mencari arsip jika dibutuhkan. Umumnya, lemari arsip berbentuk vertikal, terbuat dari kayu atau besi, dan memiliki kunci untuk menjaga keamanan isinya. 

 

Lemari rak

Rak adalah jenis lemari yang paling mudah digunakan dan hampir semua kantor memiliki jenis lemari ini. Tidak seperti lemari pada umunya yang dilengkapi dengan kunci untuk menjaga keamanan isinya, lemari rak ini sifatnya lebih terbuka dan biasanya tidak memiliki pintu dan terdiri dari papan – papan yang disusun secara horizontal. Jika pemilik ingin melindungi isi rak dari debu, beberapa pemilik akan memasang pintu kaca pada rak tersebut. Lemari rak ini sangat berguna untuk meletakkan dokumen yang disusun secara vertikal.

 

Lemari filling cabinet

Lemari jenis filling cabinet adalah jenis lemari minimalis yang memiliki sedikit laci, umumnya memiliki 2 hingga 3 tingkat laci saja. Jenis lemari satu ini memang lebih kecil dari lemari kantor lainnya, karena sifatnya lebih personal. Lemari filling cabinet biasanya ditempatkan di sudut ruangan perorangan dan dilengkapi dengan kunci. Jenis lemari ini bisa juga mempecantik ruangan dengan modelnya yang minimalis dan elegan, serta dapat dipercantik dengan menempatkan vas bunga dan ornamen kecil lainnya diatas meja lemari. Jenis lemari ini bisa dipilih sesuai bahan dasar pembuatannya, baik itu lemari kantor besi maupun kayu. 

 

Pilih Lemari yang Terbuat Dari Besi

Setelah anda menentukan jenis lemari apa yang cocok dengan kebutuhan anda, ada satu tips lagi dalam memilih lemari kantor. Lebih baik, pilihlah lemari yang terbuat dari besi dibandingkan memilih lemari yang terbuat dari kayu meski tampilannya nampak lebih menarik. Memilih lemari kantor besi atau metal adalah pilihan yang bijak karena bahan tersebut dikenal paling kuat serta stabil. Selain itu, besi atau metal mampu menyimpan benda berat dan lebih tahan api sehingga lebih bisa melindungi isi lemari tersebut jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. 

 

Rekomendasi Lemari Kantor Besi Minimalis

Salah satu lemari kantor best seller dan dibutuhkan oleh hampir semua kantor adalah lemari besi pintu 2 kaca emporium EC 37 satu ini. Ini adalah jenis meja kantor besi dengan bentuk minimalis dan dilapisi dengan cat powder couting sehingga tak hanya membuat lemari nampak lebih menarik, namun juga mampu menyimpan barang berharga apapun milik kantor dengan aman. Cek website www.dmmebeljogja.com untuk mendapatkan penawaran harga spesial dan produk furniture kantor lainnya.